Aidha S. Jasma Blog

Just another Binusian blog site

Pengalaman General Orientation(GO) di Binus University

September14

1470499135915

Hai semuanya, perkenalkan nama gua Aidha. Gua adalah Binusian 2020 dari jurusan Teknik Informatika.  Sebelumnya mohon maaf karena gua akan menggunakan bahasa non formal.  Gua bakal menceritakan pengalaman gua nih selama FEP (Freshman Enrichment Program) di Binus University. Di Binus University ada banyak sekali program orientasi dan salah satunya adalah General Orientation(GO) yang bakal gua ceritaiin di blog ini.

Hari ke-1 GO( Senin, 1 Agustus 2016)    

          Hari pertama GO gua dateng lebih pagi dari seharusnya karena jarak dari rumah gua ke kampus lumayan jauh. Nah pas gua udah nyampe disana tuh semua orang yang ada didepan kelas gua bakal orientasi. Ternyata cowok semua, sedih gua. Yah harap maklum lah jurusan yang gua pilih teknik informatika dan rata-rata peminatnya adalah cowok. Tadinya gua pikir bakal gua sendiri ceweknya di sana. Dan ngak lama kemudian untungnya ada cewek juga. Di totalin di kelas gua ceweknya ada 4 doang sisanya cowok. Nah pas orientasi di mulai gua ternyata di bimbing sama BC(Buddy Coordinator). BC gua mulai  memperkenalkan diri mereka masing-masing dan entak kenapa BC  gua cowok semua kagak ada cewek sedih gua. Kenapa sedih, yah kan lebih gampang aja kalau ngobrol sama BC cewek, berbagi ilmu dan nanya nya lebih gampang. Setelah mereka memperkenalkan diri mereka mulai briefing tentang kegiatan apa saja yang bakal dilakuin selama GO berlangsung dan pakaian yang wajib dipakai, yaitu kemeja putih lengan pendek (lengan pendek bagi perempuan non muslim dan lengan panjang bagi yang memakai kerudung) dan celana bahan berwarna hitam. Sebenernya sih boleh aja lengan panjang tapi harus dilipet sama rambut boleh di cat jadi jangan khawatir kalau pas liburan rambut diwarnain warna non natural. Setelah briefing selesai gua pun pulang. Btw briefingnya itu kira-kira dari jam 09.00-13.00 dan hari itu gua cuma diem dengerin BC gua cerita tentang binus dll terus pulang.

Hari ke-2 GO( Selasa, 2 Agustus 2016)

          Hari kedua GO nga jauh beda kegiatannya sama hari pertama gua GO. Pengenalan Binus, sejarah berdirinya binus, ngerjain tugas dari BC yaitu bikin yel-yel, dan seterusnya. Habis itu pulang. Hari kedua GO itu menurut pengalaman gua nga lama cuma bentar aja.

Hari ke-3 GO(Rabu, 3 Agustus 2016)

          Dihari ketiga untuk pertama kalinya gua mencoba atau lebih tepatnya belajar membuat program dengan bahasa komputer dilab binus. Awal-awal lumayan bisa ngikutin deh tapi lama-lama gua bingung soalnya ribet banget sumpah. Bikin program komputer itu ternyata nga gampang. Sama kita hari itu juga buat binusian id, yaitu id untuk yang diperlukan mahasiswa binus agar bisa melihat jadwal mata kuliah, ngumpulin tugas dosen, ngebahas tugas, dll. Habis itu gua pulang.

Hari ke-4 GO(Kamis, 4 Agustus 2016)

          Di hari ke-4 ini ada Bunga Rampai atau bisa disebut juga gelar ekstrakurikuler untuk mempromosikan ekskul-ekskul yang ada di Binus. Hari itu gua seneng banget soalnya gua dan temen-temen di BBN 01 nonton banyak penampilan semua ekskul di Binus. Penampilannya keren-keren dan penampilan yang menurut gua paling menarik dari ekskul bela diri. Bunga Rampai berlangsung dari jam 14.00-17.00.

Hari ke-5 GO(Jumat, 5 Agustus 2016)

          Hari ke-5  GO gua ke auditorium Binus. Disana gua dan semua maba untuk pertama kalinya bertemu dengan rektor Binus University. Pokoknya seru banget deh pas ketemu rektornya beliau banyak banget bercerita tentang dirinya, binus, dll. Setelah selesai sesi bertemu dengan rektor gua balik ke kelas gua. Di dalem kelas ini untuk pertama kalinya gua diajarin sama BC gimana caranya coding atau membuat program. Sumpah gua nga ngerti apa-apa pas gua diajarin ama BC gua sendiri dan itu adalah basic dari programming. Setelah sesi coding selesai gua lanjut ke sesi selanjutnya yaitu kerohanian, sesuai dengan agama masing-masing. Sesi ini nga jauh beda dari keputrian yang dilaksanakan setiap hari Jumat di sekolah gua.

 Hari ke-6 GO(Sabtu, 6 Agustus 2016)

Dihari terakhir gua GO, dihari inilah gua dan anak kelasan gua nampilin yel-yel kelasan. Kalau nga salah kelas gua maju diurutan kedua atau nga ketiga. Nah pas kelasan gua maju nampilin yel-yelnya hampir sebagian besar anak kelasan gua nga hafal yel-yelnya. Sumpah gua malu banget terus backsoundnya iba-tiba mati pula. Untungnya sih pas dilirik yang lupa kelasan gua ketawa jadi nga canggung gitu. Nah abis semua kelas nampilin yel-yelnya giliran para BC yang nampilin yel-yelnya. Habis acara itu selesai ada semacam ukm(unit kegiatan mahasiswa) expo. Dimana kita para maba maupun senior bisa daftar ukm di binus. Jadi di binus lo cuma bisa daftar ukm yah pas expo aja. Kalau nga yah nga bisa ikut ukm tersebut. Oh yah gua hampir lupa, setiap ukm wajib bayar untuk daftar masuknya seingat gua sekitar Rp50.000,00- Rp 300.000,00 kalau nga salah. Ada juga sih yang gratis tapi gua lupa ukm apa aja yang daftar masuknya gratis.

Yah sekian dari gua, semoga kalian enjoy dan dapet info yang bermanfaat dari blog ini. Gua Aidha Syafira Jasma bye- bye.

posted under Uncategorized

Email will not be published

Website example

Your Comment: